Dengan koneksi yang terbilang stabil dan kecang, cukup banyak masyarakat yang menggunakan jasa layanan komunikasi data ini sebagai pilihan untuk berinternet ria di rumah, kantor, tempat usaha, warnet dan lain-lain.
Nah pada penggunaannya tidaklah jarang ditemukan kendala berupa gangguan pada koneksi Speedy yang anda gunakan baik itu berupa kesalahan gangguan di jaringan, di hardware yang anda gunakan maupun kesalahan-kesalahan kecil yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan berinternet anda yang menggunakan layanan koneksi internet Speedy.
berikut ini adalah hal-hal apa saja yang mesti anda lakukan saat koneksi Speedy anda mengalami gangguan :
1. Cek lampu pada modem
Pada modem yang disediakan oleh telkom untuk koneksi Speedy, memiliki beberapa lampu indikator biasanya ada 5 indikator yaitu power, ADSL, Internet, WLAN, dan LAN.
Nah yang paling penting untuk mengetahui apakah koneksi Speedy anda benar-benar bermasalah adalah lampu ADSL.
Jika dalam kondisi modem siaga lampu ADSL tidak menyala, maka koneksi anda bermasalah pada jaringan.
Jika lampu internet yang tidak menyala, maka kemungkinan ada kesalahan pada setting modem anda.
Jika lampu WLAN yang tidak menyala, maka wifi pada modem tidak aktif (ada kemungkinan di setting secara sengaja agar wifi tidak di aktifkan).
Jika lampu LAN yang tidak menyala, maka kemungkinan kabel LAN yang terhubung ke komputer anda tidak terpasang atau tidak tercolok ke slot LAN dengan benar.
2. Cek Sambungan / Keaktifan Telepon
Jika pada poin 1 anda menemukan kondisi lampu ADSL modem anda dalam keadaan tidak menyala, maka kemungkinan besar sambungan telepon anda juga terputus. Coba cek menggunakan pesawat telepon anda apakah kondisi line telepon anda aktif atau tidak (cukup dengan mendengarkan bunyi dari sambungan telepon anda di pesawat telepon). Jika tidak aktif maka dipastikan ada masalah pada jaringan line telepon anda.
3. Cek kabel jaringan / kabel line telepon
Coba cek kabel-mengabel pada line telepon maupun modem speedy anda, apakah terdapat kabel yang putus ataupun kesalahan dalam mencolok kabel ke slot yang benar. Pastikan kondisi kabel dalam keadaan bagus.
4. Cek tagihan bulanan
Pengecekan tagihan bulanan ditujukan untuk mengetahui apakah tagihan telepon dan speedy anda telah muncul ataupun telah jatuh tempo. Jika pada tagihan yang muncul tidak segera dibayarkan hingga masa jatuh tempo habis, maka layanan koneksi akan putus secara otomatis hingga pembayaran dilunasi.
Untuk mengecek tagihan bulanan via online bisa baca postingan saya disini
5. Cek jaringan disekitar anda
Hal ini ditujukan untuk mengetahui apakah terjadi gangguan area di jaringan sekitar lingkungan anda. Jika hal ini terjadi, para pelanggan Speedy umumnya diminta bersabar karena pihak teknisi akan segera melakukan perbaikan jaringan di area yang mengalami gangguan.
6. Periksa hardware yang anda gunakan
Masalah pada hardware anda juga bisa jadi menyebabkan koneksi anda terputus. Jika menggunakan LAN, pastikan slot LAN pada CPU anda tidak mengalami kerusakan. Kabel LAN yang terhubung ke CPU umumnya memiliki lampu indikator yang akan aktif bila kabel terpasang.
Jika menggunakan Wifi, pastikan wifi komputer anda dalam keadaan aktif.
7. Periksa Software yang anda gunakan
Ada kemungkinan juga dari sisi software yang terpasang di komputer / laptop anda, yang dapat mengubah / mengganggu koneksi anda. Juga coba cek pada setting properti IP jaringan anda. pastikan dalam keadaan obtain an IP address automatically.
8. Hubungi 147
Jika semua cara tersebut sudah dilakukan dan koneksi Speedy anda masih belum aktif, maka segeralah hubungi 147 melalui telepon rumah atau flexy dan ceritakan ke operator masalah-masalah koneksi speedy anda. Dengan segera masalah anda akan ditanggapi dan akan segera diperbaiki.
Nah mungkin sekian dulu, semoga gangguan pada koneksi speedy anda segera teratasi.
Mohon maaf jika terdapat kekurangan pada post saya ini.
dan terakhir, terima kasih sudah mampir dan membaca :D
Artikel Terkait : Aman Semua Lancar dengan Speedy Monitoring