Breaking News
Loading...
Kamis, 01 November 2012

Yak "kemacetan" atau kata dasarnya "Macet"
Merupakan suatu peristiwa / kejadian dimana terjadi kepadatan kendaraan yang membuat arus lalu lintas di jalan yang bersangkutan menjadi terhenti beberapa saat.
Durasi kemacetan dapat dihitung dalam beragam waktu. Bisa hitungan menit, jam atau bahkan hingga seharian tergantung kondisi jalanan tersebut.
Penyebabnya bisa beragam, seperti adanya kepadatan arus kendaraan di jam sibuk, terjadi kecelakaan, jalanan yang sengaja di tutup,  dan lain sebagainya.
Tentunya hal ini sangat di hindari oleh banyak orang apalagi yang sedang dalam kondisi terburu-buru seperti ada jadwal kuliah, sekolah, ngantor, sedang ada janji, dan lain sebagainya yang memang butuh ketepatan waktu.

Disini ada beberapa trik berdasarkan pengalaman saya sendiri untuk mendeteksi jika terjadi kemacetan :


1. Kenali kondisi jalan yang akan dilalui
Kondisi jalanan yang akan dilalui sangat besar pengaruhnya bagi kelancaran jalan. Contoh kondisi jalan yang rentan terjadi kemacetan adalah jalanan yang rusak (misalnya banyak lubang), jalan sedang dalam perbaikan (misalnya ada pengaspalan jalan), jalan yang sempit (seperti jalan tikus/tembusan), jalan padat arus kendaraan (seperti jalanan di pusat kota dan persimpangan), dan lain sebagainya.

2. Cek timeline Twitter
Seiring berkembangnya teknologi informasi dan juga makin sadarnya masyarakat untuk saling share informasi terutama melalui jejaring sosial seperti twitter maka  tumbuh dan berkembanglah beberapa akun yang turut aktif untuk menjadi wadah saling berbagi informasi di daerah-daerah regional tertentu salah satunya informasi mengenai kondisi jalan. Kerap kali pada pagi hari sebelum bepergian, saya membuka timeline twitter terlebih dahulu memantau siapa tahu ada informasi mengenai kemacetan di jalan yang akan saya lalui.

3. Bertanya kepada teman dan keluarga
Bertanya kepada teman dan keluarga yang sejalur atau yang biasanya melalui jalan yang sama dengan jalanan yang akan kita lalui juga merupakan salah satu cara untuk mendeteksi kemacetan. Bisa bertanya melalui sms, telepon atau media komunikasi lainnya.

4. Perhatikan kondisi cuaca
Cuaca bisa jadi merupakan salah satu penyebab terjadinya kemacetan. Misalnya pada saat terjadi hujan, biasanya membuat sebagian dari ruas jalan tergenang air dan kondisi jalan yang licin. Tentunya ini membuat sebagian besar pengendara memperlambat laju kendaraannya sehingga dapat menyebabkan terjadinya kepadatan arus di beberapa ruas jalan.
Nah sebelum bepergian, pastikan dulu kondisi cuaca. Terlebih lagi bagi pengendara motor yang sangat terpengaruh kondisi cuaca saat berjalan.

5. Perhatikan jam sibuk lalu lintas
 Kondisi diperkotaan / pusat yang sibuk dan padat akan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di perkotaan tentunya mempengaruhi arus lalu lintas jalan di pusat kota khususnya daerah perkantoran dan sekolah. Biasanya jam-jam sibuk terjadi pada pagi hari antara jam ½ 7 sampai jam 8 pagi, jam 12 sampai jam 13 siang, dan jam 4 sampai jam 6 sore.

Nah dengan kita lebih dahulu mendeteksi adanya kemacetan di jalan yang akan kita lalui, kita jadi lebih siap dan dapat memikirkan terlebih dahulu jalan alternatif mana yang akan kita lalui untuk menghidari kemacetan.

Sekian dulu kicauan saya ini. Semoga bermanfaat. Sampai ketemu di kicauan saya selanjutnya :D
Terima Kasih

2 komentar:

  1. huaah jadi ingat macet kemaren antara terminal karya jaya ke simpang empat masuk kertapati,,, hmmm,,, maceeet,, capeek deh!! heehehe

    salam kenal sesamo wong kito :D

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga. semoga macetnya segera teratasi dan gak muncul2 lagi :D

    BalasHapus

Silahkan Beri Masukan !