Breaking News
Loading...
Selasa, 23 April 2013

Berawal dari pengalaman pribadi untuk Skripsi sendiri dimana dalam sebuah penulisan karya ilmiah terdapat yang namanya 'Metode Pengumpulan Data' sebagai prosedur acuan untuk mengumpulkan data di dalam penulisan karya ilmiah (skripsi). Sempat kesulitan dalam hal pencarian materi tersebut untuk dari sumber yang jelas dan bisa dipercaya (disebutkan sumber pustakanya).


Mungkin buat teman-teman mahasiswa seperjuangan yang juga mengalami kesulitan dalam pencarian sumber materi tersebut, saya share melalui postingan saya ini. 
Disini ada 4 macam metode pengumpulan data yang digunakan yaitu : wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Semoga bermanfaat...


 Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah sebagai berikut :

1)  Wawancara

Menurut Sugiono (2009:317) :

“Wawancara adalah pertemuan dua orang untuk bertukar informasi dan ide melalui tanya jawab sehingga dapat dikonstruksikan makna dalam suatu topik tertentu dan dengan wawancara, peneliti akan mengetahui hal-hal yang lebih mendalam tentang partisipan dalam menginterprestasikan situasi dan fenomena yang terjadi yang tidak mungkin bisa ditemukan melalui observasi”.

Daftar pusataka :

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta.



2)  Observasi

Menurut Supardi (2006:88), “Metode observasi merupakan metode pengumpul data yang dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat secara sistematik gejala-gejala yang diselidiki”

Daftar Pustaka :

Supardi, M.d, (2006). Metodologi Penelitian. Mataram : Yayasan Cerdas Press.


3) Dokumentasi

Menurut Arikunto (2006:158), “Dokumentasi adalah mencari dan mengumpulkan data mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, notulen, rapot, agenda dan sebagainya.”

Daftar Pustaka :

Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.


4)  Studi Pustaka

 Menurut Nazir (1998 : 112) :

“Studi kepustakaan merupakan langkah yang penting dimana setelah seorang peneliti menetapkan topik penelitian, langkah selanjutnya adalah melakukan kajian yang berkaitan dengan teori yang berkaitan dengan topik penelitian. Dalam pencarian teori, peneliti akan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari kepustakaan yang berhubungan. Sumber-sumber kepustakaan dapat diperoleh dari : buku, jurnal, majalah, hasil-hasil penelitian (tesis dan disertasi), dan sumber-sumber lainnya yang sesuai (internet, koran dll)”.

Daftar Pustaka :

Nazir. (1998). Metode Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

9 komentar:

  1. Masih lama kamu skripsinya ju :p

    BalasHapus
  2. skripsi saya pake metode dokumentasi dan itu adalah data skunder jadi lebih enak (menurut saya) daripada yang wawancara dan observasi. Kapan wisuda vin #eh :>)

    BalasHapus
  3. terima kasih infonya membantu sekali :-)

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Silahkan Beri Masukan !