Breaking News
Loading...
Kamis, 27 Desember 2012

Tools merupakan suatu elemen penting sebagai suatu alat bantu yang membantu kita dalam pengerjaan suatu produk atau sejenis. Dengan menggunakan bantuan tools, pengerjaan suatu web dapat dilakukan dengan cepat dan lebih mudah

Berikut ini merupakan tools-tools yang biasa saya gunakan untuk memprogram suatu aplikasi berbasis web berdasarkan pengalaman saya sendiri :

Appserv / Localhost
Aplikasi open source yang digunakan sebagai webserver. Pada appserv ini disediakan Apache sebagai webserver yang berfungsi sebagai penerjemah kode program php dan juga menyediakan mysql dan phpmyadmin yang digunakan sebagai DBMS guna mengelola database website yang akan dibuat.

Notepad ++
Digunakan sebagai editor yang membantu memudahkan untuk memprogram berbagai bentuk kode program. dalam hal ini saya gunakan sebagai editor untuk membangun kode program php dan  html (laman web) yang akan dibuat.

Adobe Dreamweaver
Adobe Dreamweaver sendiri merupakan produk dari adobe yang digunakan sebagai  tools untuk membangun dan memprogram suatu website secara mudah. didalamnya telah terdapat berbagai jenis alat bantu untuk mempermudah pembuatan website.

Photoshop
Dalam pembuatan suatu website juga tidak terlepas dari desain interface. Disinilah peran dan fungsi photoshop sebagai tools untuk olah gambar dan desain halaman website agar terlihat lebih menarik bagi para pengunjung halaman web.


Browser
Sebagai web programmer tentunya telah menginstal browser kesayangan anda di komputer anda sendiri. pilihlah browser yang paling baru (update) agar kode html dan css yang di generate menjadi tampil dengan sempurna sesuai apa yang telah kita desain saat dikunjungi pengunjung halaman web.

FileZilla
FileZilla merupakan tools yang digunakan untuk transfer file web yang telah kita buat ke server (hosting) tempat kita menyimpan data kode web agar dapat online dan dikunjungi oleh pengguna internet world wide web. Dengan tools ini, kita tidak harus masuk ke control panel server host karena tools ini telah dirancang agar memudahkan kita mentranfer (copy) data website kita ke direktori server host. Cukup dengan memasukkan informasi server, username server dan password server lalu seluruh data web kita akan dengan mudah kita transfer cukup dengan drag & drop folder/file ke direktori host melalui interface FileZilla tersebut.

Internet Downloader Manager
Dan terakhir dan tambahan, IDM yang  saya gunakan sebagai downloader  file-file hiburan seperti musik dan film anime. Setelah ngoding sekian lama di depan komputer/laptop, kita juga butuh refreshing juga kan. hehe :D

Oke mungkin sekian tulisan singkat saya kali ini. Terima kasih telah berkunjung dan membaca :D

2 komentar:

  1. itu buat yang IDM kirain serius loh ka, ternyata cuma main-main aja :-s

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan gak asik juga klo cuma kerjaan gitu2 doank :p

      Hapus

Silahkan Beri Masukan !