Breaking News
Loading...
Sabtu, 01 Juni 2013

Info Post
Di antara agan-agan yang baca posting saya kali ini, saya yakin pasti agan sudah mengenal siapa mereka-mereka orang sukses di dunia online Indonesia di bawah ini. Paling tidak agan pasti mengenal minimal dua situs terkenal di Indonesia yang telah mereka ciptakan dan banyak dipergunakan oleh masyarakat khususnya orang-orang Indonesia sendiri. 
Oke, gak perlu berpanjang lebar. Mari kita simak siapa-siapa mereka dan bagaimana awal mula cerita situs terkenal yang sudah mereka buat tersebut sampai sukses seperti sekarang ini. Siapa tau, dari sini anda bisa terinspirasi untuk membuat situs baru yang mungkin akan sukses kedepannya. Cek~

1. Founder Kaskus
founder-kaskus

Nama : Andrew Darwis
Lahir :  Jakarta, 20 Juli 1979

Adalah  pendiri (founder) komunitas online terbesar di Indonesia, Kaskus lewat situs Kaskus.us (Sekarang menjadi Kaskus.co.id) yang sekarang ini mempunyai lebih dari 3 juta member . Andrew sekarang menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) PT Darta Media Indonesia (Kaskus) sekaligus pemilik (owner) Kaskus Network lewat PT Darta Media Indonesia.

Andrew mendirikan Kaskus pada 6 November 1999. Bermula dari pengalamannya saat menimba ilmu di salah satu universitas terkemuka di Negeri Paman Sam, Seattle University, Andrew terinspirasi membuat website forum komunitas yang bisa di bilang menjadi yang terbesar di Indonesia. "Saat itu saya ditugaskan oleh dosen untuk membuat program dari free software, dari situlah mulai muncul ide membuat website dengan nama Kaskus." Ujar Andrew.
Kaskus berasal dari kata Kasak-Kusuk atau bermakna bergosip. Dengan modal awal sebesar US$ 3 (Rp 30.000,-) untuk membeli server, Andrew dan dua rekannya, Ronald dan Budi, memilih untuk membuat portal yang berisi mengenai berita maupun informasi tentang Indonesia. Portal tersebut sengaja di buat menjadi suatu media untuk memuaskan kerinduan bagi masyarakat Indonesia yang berada di Luar negeri.



2. Founder IndoWebster
founder-idws

Nama : Juny Maimun atau akrab disapa Ko Acong

Indowebster atau yang biasa disingkat IDWS, adalah webserver multimedia unlimited lokal (asli Indonesia) sebagai sarana hosting dan sharing file, tempat menyimpan file sampai kecepatan 1024 MB per file, unlimited upload, unlimited download, unlimited bandwith, foto, video, dan galeri file.

Di dirikan pada 15 April 2007, dan dilakukan relaunching dan redesign situs pada 9 Juli 2011, indowebster sudah bisa menjadi situs popular di Indonesia dan dapat di sejajarkan dengan situs luar yang terkenal seperti rapidshare dan megaupload. Indowebster menjadi situs lokal tempat hosting dan sharing file terbesar dan tercepat di Indonesia.



3. Founder KDRI dan Hello Motion

founder-kdri

Nama : Wahyu Aditya atau juga dipanggil Wadit

Lahir :  Malang, 4 Maret 1980

Adalah seorang animator asal Indonesia. Kiprahnya dalam dunia animasi diawali dengan meraih juara pada perlombaan-perlombaan menggambar di kota kelahirannya. Selepas SMA, Wahyu melanjutkan sekolah ke KvB Institute of Technology , Sydney Australia, dengan mengambil jurusan Interactive Multimedia. Wadit berhasil menjadi lulusan terbaik di angkatananya. Selepas kuliah, ia kembali ke Indonesia dan terjun ke dunia animasi.

Selepas pulang dari Australia Wadit masih berkecimpung dalam dunia animasi.Namun, setelah beberapa waktu menekuni dunia itu, Wadit memutuskan untuk mendirikan sebuah sekolah animasi bernama Hello;Motion Academy pada 2004. Maksud Wadit mendirikan sekolah ini adalah ingin meningkatkan kualitas dan kuantitas animator di Indonesia.

Wadit juga mengelola sebuah blog pribadi bertajuk Kementerian Desain Republik Indonesia (www.kdri.web.id) Situs ini menjadi tempatnya menumpahkan ide-ide mengenai desain baru miliknya. Wadit juga menjadikan situs pribadinya sebagai tempat untuk memberi motivasi kepada pemuda Indonesia untuk menanam jiwa nasionalismenya.


4. Founder Sribu.com
founder-sribu

Nama : Ryan Gondokusumo 


Adalah founder Sribu.com. Ryan memiliki pengalaman lebih dari 7 tahun di bidang UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing dan retail. Ryan memulai Sribu.com pada akhir tahun 2011 dan saat ini Sribu.com telah membantu lebih dari 600 klien mendapatkan solusi desain terbaik mereka. Sribu.com juga memiliki komunitas desainer sebanyak 25.000 desainer dan itu semua tercapai dalam kurang dari 1.5 tahun. Ryan mengambil jurusan teknik elektro dan lulus dari Purdue University, Indiana pada tahun 2006.


5. Founder Koprol

Team :
  • Desain dan Komunitas : Satya Witoelar
  • Production Director :  Fajar Budiprasetyo 
  • Engineering manager : Daniel Armanto 

Pada bulan Juli 2008, berawal dari web 2.0 biasa, Koprol kemudian dikembangkan oleh tim Koprol menjadi sesuatu yang lain. Awalnya proyek jejaring sosial ini hanyalah proyek iseng yang digarap oleh ketiga orang tersebut. Tanpa disangka, sambutan yang diberikan oleh masyarakat sangat hebat. Ini dapat dilihat dari jumlah pengguna Koprol yang mencapai kurang lebih 80.000 orang setelah satu setengah tahun lahirnya Koprol. Ini juga mengagetkan SkyEight yang merupakan perusahaan pengembang perangkat lunak, di mana Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo, dan Daniel Armanto turut bergabung. Akhirnya pada Februari 2009 Koprol pun diluncurkan oleh PT SkyEight Indonesia. Ide untuk Koprol ini sendiri merupakan konsep gabungan dari berbagai situs jejaring sosial yang sedang marak seperti lifestream model seperti Twitter, sistem komentar seperti Plurk, dan sistem lokasi layaknya Brightkite.

Kata Koprol memiliki arti orang gelinding yang kemudian diartikan oleh mereka sebagai perpindahan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Namun sangat di sayangkan, sejak 28th August 2012 tidak di lanjutkan oleh pihak korpol sendiri hingga waktu yang belum ditetapkan.

Referensi : http://id.wikipedia.org | http://blog.sribu.com/

14 komentar:

  1. Saatnya kita juga menjadi produsen/founder seperti mereka. Bukan hanya consumen / pemakai.

    BalasHapus
  2. Kasian koprol offline sekarang, padahal dulu saya termasuk aktif main koprol..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. sama.. dulu lebih seneng pake koprol daripada pake foursquare, karena buatan anak bangsa

      Hapus
  3. Nice info..
    Please visit our site, we'll give u information about Palembang :)

    BalasHapus
  4. dari semua list tetep salut sama wadith..
    ide-ide desain dia GILA!

    nice post

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo menurut ane sih agan kaskus. karena pengaruhnya di dunia persilatan online Indonesia sangat besar gan :D

      Hapus
  5. terima kasih infonya mas,
    saya hanya kenal pembuat kaskus aja, yang lain baru kenal :D
    semoga di Indonesia banyak bermunculan Founder sukses :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan semoga gak cuma ngeTop di Indonesia aja. tapi juga mendunia 8-)

      Hapus
  6. ternyata banyak juga founder asal indonesia yang sukses ya...salut luarbiasa :-)

    BalasHapus
  7. makin lama makin kece aja anak anak Indonesia dibidang IT :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok usaha jadi orang yang berikutnya dong :>)

      Hapus

Silahkan Beri Masukan !