Breaking News
Loading...
Rabu, 28 November 2012

Info Post

Telkom Speedy merupakan salah satu produk layanan komunikasi data (internet) yang menjadi salah satu layanan yang di andalkan di PT Telkom Indonesia selain dari telepon rumah, TV kabel dan layanan lainnya.
Dengan koneksi yang terbilang stabil dan kecang, cukup banyak masyarakat yang menggunakan jasa layanan komunikasi data ini sebagai pilihan untuk berinternet ria di rumah, kantor, tempat usaha, warnet dan lain-lain.

Nah pada penggunaannya tidaklah jarang ditemukan kendala berupa gangguan pada koneksi Speedy yang anda gunakan baik itu berupa kesalahan gangguan di jaringan, di hardware yang anda gunakan maupun kesalahan-kesalahan kecil yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan berinternet anda yang menggunakan layanan koneksi internet Speedy.

berikut ini adalah hal-hal apa saja yang mesti anda lakukan saat koneksi Speedy anda mengalami gangguan :

1. Cek lampu pada modem 
Pada modem yang disediakan oleh telkom untuk koneksi Speedy, memiliki beberapa lampu indikator biasanya ada 5 indikator yaitu power, ADSL, Internet, WLAN, dan LAN.
Nah yang paling penting untuk mengetahui apakah koneksi Speedy anda benar-benar bermasalah adalah lampu ADSL. 
Jika dalam kondisi modem siaga lampu ADSL tidak menyala, maka koneksi anda bermasalah pada jaringan. 
Jika lampu internet yang tidak menyala, maka kemungkinan ada kesalahan pada setting modem anda.
Jika lampu WLAN yang tidak menyala, maka wifi pada modem tidak aktif (ada kemungkinan di setting secara sengaja agar wifi tidak di aktifkan).
Jika lampu LAN yang tidak menyala, maka kemungkinan kabel LAN yang terhubung ke komputer anda tidak terpasang atau tidak tercolok ke slot LAN dengan benar.

2. Cek Sambungan / Keaktifan Telepon
Jika pada poin 1 anda menemukan kondisi lampu ADSL modem anda dalam keadaan tidak menyala, maka kemungkinan besar sambungan telepon anda juga terputus. Coba cek menggunakan pesawat telepon anda apakah kondisi line telepon anda aktif atau tidak (cukup dengan mendengarkan bunyi dari sambungan telepon anda di pesawat telepon). Jika tidak aktif maka dipastikan ada masalah pada jaringan line telepon anda.

3. Cek kabel jaringan / kabel line telepon
Coba cek kabel-mengabel pada line telepon maupun modem speedy anda, apakah terdapat kabel yang putus ataupun kesalahan dalam mencolok kabel ke slot yang benar. Pastikan kondisi kabel dalam keadaan bagus.

4. Cek tagihan bulanan
Pengecekan tagihan bulanan ditujukan untuk mengetahui apakah tagihan telepon dan speedy anda telah muncul ataupun telah jatuh tempo. Jika pada tagihan yang muncul tidak segera dibayarkan hingga masa jatuh tempo habis, maka layanan koneksi akan putus secara otomatis hingga pembayaran dilunasi.
Untuk mengecek tagihan bulanan via online bisa baca postingan saya disini

5. Cek jaringan disekitar anda
Hal ini ditujukan untuk mengetahui apakah terjadi gangguan area di jaringan sekitar lingkungan anda. Jika hal ini terjadi, para pelanggan Speedy umumnya diminta bersabar karena pihak teknisi akan segera melakukan perbaikan jaringan di area yang mengalami gangguan.

6. Periksa hardware yang anda gunakan
Masalah pada hardware anda juga bisa jadi menyebabkan koneksi anda terputus. Jika menggunakan LAN, pastikan slot LAN pada CPU anda tidak mengalami kerusakan. Kabel LAN yang terhubung ke CPU umumnya memiliki lampu indikator yang akan aktif  bila kabel terpasang.
Jika menggunakan Wifi, pastikan wifi komputer anda dalam keadaan aktif.

7. Periksa Software yang anda gunakan 
Ada kemungkinan juga dari sisi software yang terpasang di komputer / laptop anda, yang dapat mengubah / mengganggu koneksi anda. Juga coba cek pada setting properti IP jaringan anda. pastikan dalam keadaan obtain an IP address automatically.
8. Hubungi 147
 Jika semua cara tersebut sudah dilakukan dan koneksi Speedy anda masih belum aktif, maka segeralah hubungi 147 melalui telepon rumah atau flexy dan ceritakan ke operator masalah-masalah koneksi speedy anda. Dengan segera masalah anda akan ditanggapi dan akan segera diperbaiki.

Nah mungkin sekian dulu, semoga gangguan pada koneksi speedy anda segera teratasi.
Mohon maaf jika terdapat kekurangan pada post saya ini.
dan terakhir, terima kasih sudah mampir dan membaca :D


Artikel Terkait : Aman Semua Lancar dengan Speedy Monitoring

37 komentar:

  1. kalau ane nih gan, panggil pegawai telkom yang mengurus telpon, bukan pegawai speedy, minta bantuin buat gantiin kabel telpon dari rumah sampe tiang listrik, niscaya gak bakal lagi gan tuh gangguan dan sebagainya.

    BalasHapus
  2. Iya gan. cara begitu juga bisa. tapi biar lebih jelas untuk tau masalahnya dimana, kita telpon 147. nanti dari 147 bakal mendatangkan petugas jaringan untuk memperbaiki jaringannya.

    BalasHapus
  3. nyimak dulu gan siapa tau nanti saya pakai picidi ah sepidi heheh

    BalasHapus
  4. Okeh terima kasih udah mampir :D

    BalasHapus
  5. MOGA BERMANFAAT BUAT KITE SEMUE AJE DECH

    BalasHapus
  6. kan ad power,dsl,internet,ethernet sma usb di menu.a nah kalau semua.a brwrna hijau artinya kan bsa conect ke intrnet tpi kalau yg internet.a brwrna mrah trs yg lain hijau tuhc gak bsa kebuka intrnet.a pdahal udah byar speedy.a it knapa yahc ???

    tlong d ksih solusi dong cz hmpir slalu internet.a ska wrna mrah gtu jdi internet ga bsa conect pdahal udh byar
    apa modem.a eror atau knapa ???

    BalasHapus
  7. Pake modem apa ya ?
    karna di modem yg biasa saya liat, gak ada indikator lampu berwarna merah.
    tapi klo lampu internetnya mati, klo gak setting modemnya salah, berarti di sistemnya yg salah. coba di laporin ke 147

    BalasHapus
  8. di modem sy ada 5 indikator lampu..
    power, DSL, Internet, Ethernet dan WLAN..
    dan indikator lampu yg ga nyala yg WLAN..
    cara ngatasinya gmn ya?

    BalasHapus
  9. Apakah sinyal wifi nya ikut mati / tidak aktif ?
    Jika ya, Coba cek di modem, ada beberapa modem yg punya tombol utk mematikan Wifi / WLAN nya. mungkin sempet gak sengaja kepencet.

    atau cek setting wifi di modem, apakah dalam kondisi aktif atau non aktif.

    jika masih belum aktif, kemungkinan modem rusak.
    Coba hubungi 147

    BalasHapus
  10. Makasih Mas Alvin, Artikel artikel sampena banyak manfaatnya sy pribadi sangat terbantu. Trims Mas

    BalasHapus
  11. gan awalnya saudara saya asal pencet tombol yg di belakang itu WPS atau WIFI saya gk tau tiba tiba wifinya gk nyala trus lampu WLAN gk nyala solusinya gan klo bisa email saya di frozeninside24@yahoo.com thanks
    daerah rawamangun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencet aja lagi tombol tersebut, trus perhatikan. Biar WIFI nya nyala, cek apakah lampu indikator wifi yang ada di depan hidup. sedangkan utk WPS, biarkan mati.

      Hapus
  12. hai all saya mau tnya ni,,mn tau ada sedikit masukan,, knp yah speedy sya tdk aktif dn lampu DSNL dn internet tdk mnyala,,sejak tgl 10-08-2013 smpai skrng.sya sdh brulang2 hub,,147,,nah dri operator palayan speedy blng ,,internet sya dlm masalah krn,,ada pemotongan atau pencurian kabel,,nah ,, dan di pihak telkom lain blng,,bahwa internet sya tdk aktif krna,,sya tdk membayar abodemen telp..nah sya jdi bingung mslh nya ada di mn,, problem internet speedy yg ada pencurian kabel atau krn sya tdk membayar abodemen telp,,smntara emang sya tdk menggunakan sambungan telp hnya menggunakan speedy internet sejak awal pemasangan ,,berharap mas2 dn aga2n lain memberi info atau masukan ya thnk sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di cek di sekitaran rumahnya / lokasi speedy anda terpasang. Lihat apakah telpon rumah (telkom) yang ada di sekitaran tempat speedy anda terpasang juga bermasalah.
      Jika ya, berarti memang benar, ada permasalahan soal jaringan. Bisa jadi itu akibat pencurian kabel oleh orang2 yang tidak bertanggung jawab. Utk masalah ini, anda harus bersabar karena dari pengalaman saya dulu, perbaikan butuh waktu hingga 1 bulan utk pengadaan dan perbaikan kabel jaringan yg baru.
      Jika tidak bermasalah dgn jaringan, berarti mgkn masalahnya adalah soal pembayaran seperti yg telah dijelaskan. Jika anda merasa belum membayar kewajiban anda sebagai pelanggan, maka sebaiknya dituntaskan terlebih dulu.
      Selebihnya jika masih bermasalah juga, laporkan terus masalah ini ke 147

      Semoga membantu

      Hapus
  13. syukurlah nemu ini.. aku rada heran, akhir2 ini modemku posisi LAN menyala kalao menggunakan kompi. kalo kompi mati, dan aku hanya make wifi doang (online make ipad) LAN nya jg ikut mati. masalahnya dimana ya?? trs posisi internet dan LANnya kedip2 mulu. please solusi nya yah, makase

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... ini kayaknya kekeliruan deh.
      Klo LAN di colok ke kompi dan kompi dalam posisi mati, berarti LAN dalam kondisi tidak terpakai donk. Jadi memang sudah seharusnya indikator LAN di modem mati karena tidak terpakainya LAN.
      Intinya klo LAN dalam posisi digunakan, terserah mau di kompi, laptop atau yg lain-lain. Maka lampu indikatornya akan hidup. Selebihnya jika tidak terpakai (gadget yg di colok dalam posisi off) maka indikator lampunya akan mati juga.

      Selama koneksinya masih lancar2 aja, saya rasa tidak masalah :D

      Hapus
  14. maksih gan bermanfaat banget tadi ga bisa koneksi speedy n google pake bb n nemuin blog agan,ternyata lampu "asdl" itu nyawa dari koneksi speedy ini barusan gua manjat gudang n nyari kabel yg putus.
    padahal udah tahunan make pseedy n gua malah pernah jual progie dll tapi hal sepele ini baru tau sekarang bah.
    (WSC)

    BalasHapus
  15. BAru 3 hari pake speedy, tapi wireless Internet nya sudah bermasalah. Izin praktekin tips nya ya :D

    BalasHapus
  16. Saya juga baru pasang speddy 4 harian sudah gangguan, kalau lampu internet dan adsl tidak nyala itu kenapa ya gan? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. gangguan jaringan biasanya itu gan. coba cek seperti yg di deskripsikan di atas. atau telpon 147. nanti teknisinya datang ke rumah agan

      Hapus
  17. Gan.. wlan wifi ane gk idup2 lampunya
    Gmna tu solusinya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek lagi, mungkin gak sengaja ke pencet tombol disable wifi yang ada di belakang modem.
      atau bisa jadi di disable dari setting modemnya gan

      Hapus
  18. pasang speedy 65000 perbulan kec 1Mbps daerah bogor call me

    BalasHapus
  19. hai all pagi...sya mau tnya ni mn tau sya dpt penjelasan dn solusi,,,knp yah speedy sya setiap di siang hari mulai jam 9 ke atas ampe menjelang sore ,,speedy sya slalu putus lampu DSL n INTERNETNYA slalu idup mati kadang lama kadang sebentar..tpi klw sdh jam 6 ke atas alias malam hari speedy sya aman2 sja...seperti ada keanehan ,,di jaringan sya,,sya sdh brulang2 x telp 147 tpi hasilnya ttp sma,,,,,

    BalasHapus
  20. kalau saya langsung panggil tekhnisi nya aja,,hehehe

    BalasHapus
  21. gan di warnet ane pake speedy sering banget disconnect mati total, ga bisa konek lagi

    topologi ane : internet - modem tplink - mikrotik rb750 - switch - client

    sering banget koneksinya putus ga tentu clientnya yang lagi main mau rame ato sepi bisa aja putus ni koneksi..

    kalo inetnya udah mati waktu ane cek modemnya , lampu indikator internetnya masi nyala .. ane sambung aja langsung dari modem ke kompie , terus ane ping ip modemnya , sama ane coba konek pake browser ke modemnya lama banget koneknya , n gagal terus

    kalo udah gini ga ada jalan lain lah ane reset modemnya , tapi kan repot kalo harus gini terus apa lagi kalo ga ada yang resetin pas anak" main banyak

    ane pasrah dah ni bingung rusaknya dimana , selama ini kalo putus koneksi sih ane sempetin buat reset modem k warnet ,,

    tolong gan pencerahannya yang pernah ngalamin hal serupa ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. di warnet saya jga gitu mas..saya jga ndak tau solusinya gmana ini..

      Hapus
  22. gan, kenapa speedy saya buat buka browser lancar, youtube lancar, tapi kenapa kalo main game online jaringannya langsung putus-putus?

    BalasHapus
  23. gan mau tanya di warnet saya kok internetnya ndak mau konek ya..tp d operator konek..yg ndak konek cma d clent doang..kadank konek kadang ndak gitu..mhon bantuannya

    BalasHapus
  24. Maaf agan2 semua ane udah gak aktif lagi ngeblog.
    Speedy skrg emg udah rada beda dari yg dulu.
    Dulu yg ane stabil jarang banget gangguan. Kalo pun gangguan, cuma itungan jam udah stabil lagi.
    Kalo skrg sejak ane ganti paket, justru sering disconect. Malah sempet 1 minggu mati
    Mending langsung lapor aja gan ke 147 atau via web https://my.telkom.co.id/
    ya meskipun respon nya sekrang gak kayak dulu cepet

    BalasHapus

Silahkan Beri Masukan !